4 Hal yang Diuntungkan Akibat Pembangunan Mal Pelayanan Publik di Jakarta Selatan


Senpai Blog - Sebuah mal tidak melulu identik dengan pusat perbelanjaan. Namun juga bisa jadi sarana untuk perizinan membeli rumah dijual di Jakarta Selatan dan berbagai kemudahan lain. Salah satunya karena saat ini telah berdiri mal pelayanan publik yang diresmikan tanggal 10 Oktober 2017. Apa saja keuntungan akibat bangunan mal ini?

1. Pelayanan Administratif Jadi Lebih Mudah
Tentu saja, soalnya mal pelayanan publik bisa diakses hanya dengan satu pintu masuk. Cara ini lebih efisien dibandingkan dengan layanan publik pada umumnya. Untungnya Jakarta Selatan terus berbenah. Sehingga kemudahan-kemudahan ini mampu menjangkau masyarakat secara luas.

Apa saja yang termasuk dalam pelayanan administratif? Barangkali ada yang berlum tahu. Secara bahasa, pelayanan administratif hanya bersangkutan dengan dokumentasi atas sertifikasi terhadap sesuatu. Adapun sertifikasi itu terdiri dari urusan IMB, kependudukan, SIUP, maupun lain-lain.

Kebutuhan terhadap berbagai pengesahan dari masyarakatlah yang mendorong bangunan mal pelayanan publik lekas terbentuk. Umumnya, setiap lokasi pelayanan administratif letaknya saling berjauhan. Akibatnya, bisa memakan waktu lama. Berkat kehadiran mal pelayanan publik, rintangan seperti itu bisa teratasi.

2. Pelayanan Barang Tidak Bertele-tele
Pernahkah Anda membayangkan sebelumnya kalau layanan seperti di bidang listrik dan air bisa diakses dalam satu kali jalan? Inovasi pembangunan mal pelayanan publik di Jakarta Selatan ini menjadi bukti bahwa pemerintah telah menjadi pelayan yang baik. Sekarang hampir semua pelayanan publik dipermudah pengurusannya.

Kalau dulu mau bayar listrik, urus instalasi listrik saja harus minta bantuan banyak pihak, sekarang bisa lewat satu pintu saja. Di mal ini Anda akan mendapati semua jenis pelayanan akan saling berinteraksi layaknya toko-toko yang ada di mal perbelanjaan. Akan lebih baik jika mal seperti ini dibangun di daerah-daerah lainnya.

3. Memudahkan Pula dalam Pelayanan Jasa
Secara umum, ada 9 jenis pelayanan jasa yang ada di Indonesia. Pertama, pelayanan di bidang usaha rumah tangga. Layanan ini dalam lingkup akses seperti reparasi, renovasi, maupun pembersihan rumah. Kedua, pelayanan di bidang perumahan. Jasa yang bergerak di sektor perumahan umumnya berhubungan dengan sewa dan penginapan.

Ketiga, pelayanan  di bidang hiburan. Layanan ini umumnya ada di tempat wisata, seperti sewa alat-alat selancar, renang, atau mungkin banana boot. Keempat, pelayanan di bidang perawatan pribadi. Layanan ini bicara seputar perawatan tubuh, kecantikan, dan sebagainya.

Keempat, pelayanan di bidang kesehatan. Layanan ini umum dijumpai di puskesmas atau rumah sakit. Kelima, pelayanan di bidang bisnis. Layanan ini bergulat pada masalah konsultasi, jasa akuntan, dan lainnya. Keenam, pelayanan di bidang komunikasi. Layanan ini melingkupi wartel, e-mail, fax, dan lainnya.

Ketujuh, pelayanan di bidang transportasi. Kalau layanan ini Anda sudah pasti tahu, kan? Kedelapan, pelayanan di bidang keuangan. Misalnya soal pajak, kredit pemilikan rumah, dan berbagai pinjaman keuangan lainnya. Kesembilan, pelayanan di bidang pendidikan. Layanan ini diberikan oleh pendidik pada umumnya.

Dikarenakan faktor mal pelayanan publik yang tidak seluas satu pulau besar Jawa, sehingga hanya ada pelayanan saja yang ada di sana. Utamanya pelayanan keuangan, bisnis, dan komunikasi. Sementara yang lain masih terkait dengan aktivitas langsung masyarakat pada umumnya.

Kemungkinan besar, seiring pertumbuhan jiwa di Indonesia, maka perluasan wilayah mal pelayanan publik bisa jadi diperluas. Siapa tahu, berkat kehadiran mal super kreatif ini mampu menginspirasi daerah lain. Tentu saja gara-gara ini pula, jumlah rumah dijual di Jakarta Selatan menjadi target banyak konsumen dari berbagai daerah.

4. Pelayanan Regulatif Lebih Efisien
Apa saja yang termasuk dalam pelayanan regulatif? Pelayanan ini berbasis perundang-undangan. Tidak melulu bicara soal pengadilan, hakim, jaksa, dan seluruh perangkatnya. Setiap permasalahan tidak selalu harus diakhiri dengan dibawa ke pengadilan. Bisa pula memanfaatkan pelayanan publik yang ada di mal ini.

Fungsi hadirnya bangunan mal pelayanan publik bisa jadi mediasi antara pihak-pihak yang bersengketa. Setiap pihak wajib menjamin kelancaran urusan biar biayanya tidak membengkak. Untuk itulah, dalam menyikapi ini pemerintah telah menyiapkan mediator yang handal dalam melancarkan upaya penegakan regulasi berdasar UU.

Jadi, apabila Anda mengalami sengketa lahan, langsung ke mal pelayanan publik saja. Sebab, mal ini merupakan kaki tangan langsung dari pemerintah. Sifatnya netral dan tidak memihak. Berbeda jauh jika Anda justru pergi ke dukun. Sebab, mayoritas dukun tidak memahami soal legalitas sebuah properti yang ada di sendi masyarakat.

Aktifnya mal pelayanan publik pada tanggal 10 Oktober 2017 bisa jadi solusi untuk masyarakat. Solusi yang tidak tanggung-tanggung sebagaimana selama ini. Asalkan Anda telah mengakuisisi rumah dijual di Jakarta Selatan, sudah bisa menikmati layanan ini dengan sebebas-bebasnya. Waktu yang dibutuhkan jadi lebih cepat.


EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng
:lv